• SMPN 2 TULANG BAWANG BARAT
  • Parama Vidya Manggala Murti

Pj Bupati Tubaba Membuka Pelatihan Peningkatan Numerasi Pandai Berhitung Menggunakan Metode GASING

Tulang Bawang Barat, 23 Oktober 2023 - Suasana ceria dan antusiasme memenuhi SMPN 2 Tulang Bawang Barat saat acara Pelatihan Peningkatan Numerasi Pandai Berhitung Menggunakan Metode Gampang, Asyik dan Menyenangkan (GASING) dibuka dengan gemilang pada tanggal 23 Oktober 2023. Acara yang akan berlangsung hingga 8 November 2023 ini diikuti oleh guru-guru dan siswa-siswi dari beberapa sekolah dasar di wilayah Tulang Bawang Barat. Acara pembukaan pun diberikan kehormatan oleh Penjabat (Pj) Bupati Tulang Bawang Barat, Drs. M. Firsada, M.Si.

Dalam sambutannya Pj Bupati menjelaskan bahwa pendidikan adalah tantangan bagi kita semua, khususnya bagi dewan guru bagaimana mencerdaskan anak bangsa. 

"Kita sudah mengalami beberapa pergantian kurikulum yang disesuaikan dengan kemajuan zaman dan teknologi. Metode kurikulum yang paling tepat adalah yang sesuai dengan kondisi anak. Seperti metode GASING yang sangat tepat diterapkan untuk anak-anak pendidikan dasar," ujarnya. 

Menurutnya, tiap level pendidikan harus menyesuaikan masa atau usia anak-anak. Semakin disesuaikan maka anak-anak akan semakin senang, dan semakin senang anak-anak maka anak-anak akan berprestasi. 

"Saya harapkan kegiatan hari ini memberikan efek kepada anak-anak. Guru diberi tugas mengembangkan metode ini secara berantai. Semoga kegiatan ini dapat menjadikan anak-anak generasi penerus yang cerdas dan menjadikan Kabupaten Tubaba maju dan bersaing dengan kabupaten lain," tutupnya. 

Metode GASING adalah suatu metode pembelajaran matematika dengan langkah demi langkah yang membuat anak menguasai matematika secara gampang, asyik dan menyenangkan. Kunci metode GASING ini adalah proses langkah demi langkah, yang disusun sedemikian rupa sehingga penguasaan materi dibangun dari pemahaman materi sebelumnya. Pentingnya proses langkah demi langkah ini dalam metode GASING  tercermin sewaktu anak-anak belajar suatu topik, ada titik kritis yang harus mereka lewati.  Setelah mencapai titik kritis ini mereka tidak akan sulit lagi mengerjakan soal dalam topik tersebut.

Dalam pembelajaran metode GASING ini anak-anak diajak bermain dan bereksplorasi dengan alat peraga sehingga benar-benar terasa dan terbayang konsep yang ingin disampaikan. Jadi yang abstrak selalu diawali dengan sesuatu yang konkrit, sehingga anak-anak dapat jauh lebih mudah mengerti dan mengaplikasikan konsep yang diajarkan. Salah satu ciri khas lain dari metode GASING adalah anak-anak dapat melakukan perhitungan di luar kepala (mencongak) dengan cepat.

Peserta pelatihan akan mengikuti berbagai sesi pelatihan yang meliputi demonstrasi penggunaan metode GASING dalam pembelajaran matematika, lokakarya praktis, dan diskusi kelompok. Pelatihan ini akan memberikan peserta pemahaman mendalam tentang konsep metode GASING dan memberikan panduan praktis tentang cara mengintegrasikannya dalam kurikulum matematika mereka.

Kepala SMPN 2 Tulang Bawang Barat, Ibu Sri Mustika Ningsih, S.Pd, mengungkapkan kebanggaannya atas kesempatan menjadi tuan rumah acara ini dan harapannya terhadap hasil positif yang akan dicapai. "Kami sangat senang bisa menjadi tuan rumah kegiatan ini. Semoga dengan pelatihan ini, guru dan siswa-siswi di wilayah Tulang Bawang Barat akan lebih memahami matematika dengan cara yang lebih menyenangkan dan efektif," tuturnya.

Dengan pembukaan resmi oleh Pj Bupati Drs. M. Firsada, M.Si, dan partisipasi antusias dari para peserta, Pelatihan Peningkatan Numerasi Pandai Berhitung Menggunakan Metode Gampang, Asyik dan Menyenangkan (GASING) di SMPN 2 Tulang Bawang Barat diharapkan akan membawa dampak positif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan matematika siswa-siswi, serta meningkatkan standar pendidikan di wilayah Tulang Bawang Barat. Dalam atmosfer yang ceria, metode GASING akan membantu membuka pintu menuju dunia matematika yang lebih gampang, asyik, dan menyenangkan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Tim dari Yayasan Teknologi Indonesia Jaya, Kepala Dinas Pendidikan Tubaba, Camat Tumijajar, Pengawas Pembina, serta Tenaga Pengajar.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 2 Tulang Bawang Barat

Suasana haru dan semangat penuh kebersamaan memenuhi halaman SMPN 2 Tulang Bawang Barat pada hari Sabtu, 10 November 2023. Kegiatan gelar karya projek "Penguatan Profil Pelajar Pancasil

10/11/2023 17:10 WIB - Administrator
Upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP), 28 Oktober 2023

Setiap tahun pada tanggal 28 Oktober, seluruh bangsa Indonesia merayakan Hari Sumpah Pemuda, sebuah peringatan bersejarah yang mengingatkan kita akan tekad para pemuda pada tahun 1928 u

04/11/2023 08:58 WIB - Administrator
58 Tahun Kiprah Penuh Dedikasi: Menghormati Bu Sri Mustika Ningsih dalam Kepemimpihan yang Inspiratif di SMPN 2 Tulang Bawang Barat

"Yth. Bu Sri Mustika Ningsih, Selamat ulang tahun yang ke-58! Semoga hari spesial ini memberikan kebahagiaan yang tiada terhingga bagi Ibu, yang telah dengan penuh dedikasi dan semanga

16/08/2023 09:28 WIB - Administrator
SMPN 2 Tulang Bawang Barat: Menghormati Hari Pramuka Nasional ke-62 dengan Semangat Kebangsaan

Tulang Bawang Barat, 14 Agustus 2023 - Semangat kebangsaan dan dedikasi untuk mengembangkan karakter siswa tumbuh kuat dalam peringatan Hari Pramuka Nasional ke-62 di SMPN 2 Tulang Bawa

14/08/2023 22:22 WIB - Administrator
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN 2 Tulang Bawang Barat Tahun Ajaran 2023-2024

PPDB SMPN 2 Tulang Bawang Barat tahun ajaran 2023-2024 dilaksanakan dengan menggunakan mekanisme Luar Jaringan atau Luring (offline) sehingga pendaftar diwajibkan datang dengan tetap me

31/05/2023 07:46 WIB - Administrator